Listening Skills~

Pahami keterbatasan Anda

Dengarkan bahasa Inggris sebanyak mungkin, tapi dalam periode waktu yang singkat. Otak Anda bukanlah mesin! Jika Anda mulai merasa frustrasi dan tidak mengerti, istirahatlah dan mulai lagi nanti. Ingat, mengembangkan keahlian mendengar yang baik membutuhkan banyak waktu, latihan, dan kesabaran.

Harus selektif

Menerjemahkan setiap kata yang Anda dengar akan membuat Anda ketinggalan keseluruhan percakapan. Jika Anda mendengar orang berbahasa Inggris, perhatikan kalimat-kalimat kuncinya. Catat dan terjemahkan nanti. Anda akan merasa keterampilan mendengar Anda meningkat dan kosa-kata Anda bertambah.

Perhatikan pola suara

Pernah memperhatikan bagaimana penutur asli menekankan kata-kata tertentu? Benar! Jika Anda mendengarkan dengan baik, Anda akan menemui polanya. Isi kata (kata benda, kata kerja, dan kata sifat) biasanya diberi tekanan, sedangkan kata fungsi (preposisi, kata ganti, dsb) tidak. Perhatikan penekanan kata, dan Anda akan dapat mengerti garis besar dari sebuah dialog atau percakapan.

Tontonlah DVD

Semua orang suka menonton film. Jadi, mengapa tidak menggunakannya untuk latihan mendengar? Caranya mudah! Lihat satu babak dari film favorit Anda. Pertama, tonton dengan menggunakan teks bahasa Indonesia agar Anda memahaminya. Kemudian tonton lagi, tetapi gunakan teks bahasa Inggris. Saat ini, Anda seharusnya sudah mengerti dialog dan alur ceritanya. Sekarang, tonton sekali lagi tanpa teks, dan hanya fokus pada mendengarkan.

Belajar dengan guru penutur asli

Jika kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dari penutur asli atau native speaker jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Dari guru penutur asli, Anda akan dapat belajar percakapan sehari-hari yang tak hanya bermanfaat, tapi juga dapat langsung diterapkan dalam hidup keseharian Anda. Selain itu, Anda juga akan dapat belajar aksen dan intonasi pengucapan yang akurat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s