Konsep Diri

Who am I?

Pertanyaan setiap manusia yang telah lahir didunia ini dan sebuah pertanyaan yang lagi-lagi mengintai setiap manusia di zaman yang begitu fana ini. Tanpa sebenarnya kita pernah mengetahui siapakah diri kita sebenarnya. Dan sekarang pertanyaan itu terdapat dalam pelajaran ini, Christian Ethic kembali membahas tentang siapakah diri kita atau seperti apa konsep diri yang sebenarnya ada selama ini.

Konsep diri bukan merupakan faktor bawaan ataupun keturunan, tetapi faktor yang dipelajari dan dibentuk melalui pengalaman manusia secara individu berhubungan dengan orang lain sebab cara pandang seseorang tentang dirinya sendiri dibentuk selama hidupnya, melalui hadiah dan hukuman dari orang-orang yanga da disekitarnya.

Konsep diri adalah bagaimana seseorang menilai dirinya sendiri, bagaimana penerimaannya terhadap dirinya sendiri sebagaimana yang dirasakan, diyakini dan dilakukan dalam seluruh segi hidupnya sendiri.

Konsep diri merupakan faktor penting dalam berinteraksi dengan sesama karena setiap individu dalam bertingkah laku sedapat mungkin disesuaikan dengan konsep dirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s